Tujuan penyelenggaraan kegiatan Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan :

  1. Tersosialisasikannya Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 3 Tahun 2019, tentang Kawasan Tanpa Rokok  dengan harapan dapat memberikan perlindungan dari bahaya asap rokok bagi perokok aktif dan/atau perokok pasif, memberikan ruang dan lingkungan yang bersih bagi masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.
  2. Memberikan panduan dan pedoman dalam pembentukan produk hukum daerah kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Banjarnegara agar terbentuk pemahaman dan pengetahuan bersama dalam menyusun produk hukum agar sistematik dan sesuai kaedah hukum.

Narasumber :

  1. Bapak Nugroho Aditya Kristanto, SH Perancang Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Jawa Tengah.
  2. Ibu Ery Rosita, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Tempat dan Waktu :

  1. Kegiatan Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan dilaksanakan di Aula Sasana Bhakti Praja A. Yani No. 16 Banjarnegara.
  2. Dilaksanakan 1 (satu) hari tanggal 21 Maret 2019

 FOTO KEGIATAN

     

    

          Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara melakukan kegiatan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat di Banjarnegara. Pelaksaanaan kegiatan Penyuluhan hukum   mempunyai maksud dan tujuan untuk mewujudkan persepsi pengetahuan tentang pelaksanaan tugas kewajiban Aparatur Pemerintah dengan masyarakat , persamaan persepsi tentang Administrasi Pemerintahan, Tata Usaha Negara ,Permasalahan dan Penegakan Hukum serta sebagai sarana harmonisasi , komunikasi koordinasi dan Konsultasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Batur pada tanggal 12 April 2017 dan Kecamatan Mandiraja tanggal 19 April 2017 diikuti oleh kurang lebih 135 orang peserta dari unsur Kecamatan,Kepala Desa dan Perangkat Desa , Badan Permusyawaratan Desa,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat berjalan lancar dan ikuti secara antusias oleh masyarakat.

Narasumber pada kegiatan ini melibatkan lintas sektor diantaranya Pengadilan Agama yang memberikan materi  Pelaksaanaan Tugas dan Penanganan Perkara di Pengadilan Agama di Kabupaten Banjarnegara , Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara memberikan materi Kebijakan Pelaksanaan Program Nasional Agraria (PRONA) di wilayah Kabupaten Banjarnegara ,POLRES Banjarnegara materi Saberpungli.

Kegiatan penyuluhan hukum dinilai sangat efektif sebagai Sarana Komunikasi dan sosialisasi yang berkaitan dengan hukum perlu ditingkatkan  lagi khususnya dalam penyebar luasan produk hukum berupa Peraturan Daerah di Kabupaten Banjarnegara agar masyarakat memeliki pemahaman dan pengetahuan  yang memadai terhadap peraturan daerah yang berlaku di daerahnya.

   
© Kabupaten Banjarnegara