JDIH Kabupaten Banjarnegara
Berita JDIH Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara – Bagian Hukum Sekretariat  Daerah Kabupaten Banjarnegara mengundang perangkat daerah dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Peraturan Peundang-Undangan yang bertempat di Aula Sasana Bakti Praja 20 September 2023.

Kegiatan yang menghadirkan 100 peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten AdministrasiUmum Dalmini, S.Sos.M.Si., dalam sambutannya Dalmini menyampaikan “Bimbingan Teknis Kegiatan Fasilitasi Penyusunan Produk Hukum Daerah Tahun 2023 sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman serta pengetahuan Aparatur Sipil Negara di masing-masing perangkat daerah dalam rangka pembentukan produk hukum daerah. Harapannya kegiatan ini dapat membangun sinergitas perangkat daerah dalam pembentukan produk hukum daerah”.

Materi Bimbingan Teknis Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan di sampaikan oleh Achmad Shohib Zaeni, S.H., M.Kn selaku Kepala Subbidang Fasilitasi Produk. Peraturan Daerah Kabupaten dapat mendelegasikan kewenangan mengatur lebih lanjut peraturan Bupati atau Peraturan Daerah Kabupaten Lainnya. Dalam penyusunan Produk Hukum Daerah memuat ketentuan mengenai teknik penyusunan mulai dari Peraturan Perundang-Undangan, Sistematika, Ragam Bahasa, Bentuk Rancangan Peraturan Perundang-Undangan, serta hal-hal khusus yang memuat pendelegasian kewenangan, penyidikan, pencabutan perundang-undangan, dan perubahan perundang-undangan.

Ahmad Zhohib berharap seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan pemahaman dan kapasitas terhadap penyusunan peraturan perundang-undangan.